obat jamur kuku

cantengan3

cantengan2Jamur kuku adalah infeksi jamur pada satu atau lebih dari kuku. Infeksi jamur kuku mungkin mulai sebagai bercak putih atau kuning di bawah kuku atau ujung kuku.  Jamur kuku dapat menyebar lebih dalam pada kuku, dapat menyebabkan kuku menghitam, menebal, dan bagian tepinya hancur, serta dapat menyakitkan.

Infeksi jamur kuku dapat sulit untuk diobati dan dapat kambuh. Tetapi tersedia obat untuk membantu membersihkan jamur kuku.

Penyebab
Infeksi jamur kuku biasanya disebabkan oleh jamur yang termasuk dalam kelompok jamur dermatofit. Tetapi jenis jamur lain juga dapat bertanggung jawab untuk infeksi jamur kuku.

Gejala
Ada klasifikasi yang berbeda dari jamur kuku tergantung pada jenis jamur yang mungkin memiliki tanda dan gejala yang agak berbeda. Infeksi jamur kuku juga disebut sebagai onikomikosis. Tanda dan gejala dari jamur kuku dapat berupa, antara lain:

1. Kuku rapuh atau mudah hancur
2. Bentuk kuku terdistorsi
3. Kuku kusam, tanpa kilau atau cerah
4. Berwarna lebih gelap

Kuku yang terinfeksi juga dapat terpisah dari alas kuku, suatu kondisi yang disebut onycholysis. Mungkin juga akan merasa nyeri pada jari-jari kaki atau ujung jari dan bau yang sedikit busuk dapat terdeteksi.

Pengobatan
Jamur kuku dapat sulit untuk diobati, dan infeksi berulang sangat umum. Krim dan salep antijamur kuku yang dijual bebas, dapat menjadi tidak efektif. Karena itu biasanya digunakan perpaduan berbagai obat jamur yang menghasilkan obat yang kuat dan dapat membasmi jamur tersebut.

Untuk menghindari dan mencegah terhadinya jamur kuku beberapa dokter kulit berpendapat sebaiknya pelihara kuku dan bersihkan setiap hari, hindari mengorek-ngorek pinggir kuku karena dapat menyebabkan masuknya jamur, gunakan kaos kaki yang bersih, dan ganti jika lembab, dan cuci tangan setelah menyentuh kuku kaki yang terkena jamur agar tidak menyebar.

Selain pola hidup yang bersih yang kita terapkan sehari-hari dan merujuk kepada dokter kulit, penderita jamur kuku tidak perlu khawatir akan penyakit tersebut. Karena saat sekarang ini sudah banyak hadir obat jamur yang bisa dikonsumsi antara lain, intrakonazol.

Biasanya obat jamur ini diminum dalam jangka waktu yang lama, karena untuk sebuah kesembuhan tidak bisa terjadi dalam hitungan detik. Selain obat jamur yang diminum, dunia kesehatan khsusnya dokter kulit memberikan solusi lain untuk jamur kuku yaitu obat jamur oles racikan yang digunakan bersamaan dengan obat jamur minum, karena jika hanya menggunakan obat jamur oles tidak dapat menyembuhkan jamur kuku sampai tuntas. Dengan keterbatasan obat jamur oles yang tidak bisa mencapai ke akar jamur yang sudah mengendap didalam tubuh manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s